Senin, 15 Desember 2014

SOFWARE SYSTEM (PERANGKAT LUNAK SISTEM)


SOFTWARE SYSTEM
           Sistem software adalah abstrak, tidak memiliki bentuk fisik. Software tidak dibatasi oleh material serta tunduk pada hukum-hukum fisika atau oleh proses-proses manufaktur. Pengembangan software serta pengelolaan proyek pengembangan software adalah sulit karena kenyataan-kenyataan sebagai berikut :
1. kompleks, sehingga sulit untuk dipahami
2. tidak tampak, maka pengukuran kualitas software agak sulit dilakukan dan sulit melacak kemajuan pengembangannya
3. mudah berubah, karena mudah untuk dimodifikasi namun kita sulit sekali melihat terlebih dahulu konsekuensi dari perubahan-perubahan yang dilakukan.
Sistem Software merupakan sistem perangkat lunak komputer yang dirancang untuk mengoperasikan perangkat keras komputer dan untuk menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak.
Jenis yang paling dasar sistem perangkat lunak adalah:
1. BIOS komputer dan perangkat firmware , yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk mengoperasikan dan mengendalikan perangkat keras yang terhubung ke atau dibangun ke dalam komputer.
2. Sistem operasi (contoh menonjol yang Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux), yang memungkinkan bagian-bagian dari komputer untuk bekerja sama dengan melakukan tugas-tugas seperti mentransfer data antara memori dan disk atau render keluaran ke perangkat layar. Ini juga menyediakan platform untuk menjalankan tingkat tinggi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
3. Software utility, yang membantu untuk menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan memelihara komputer.
Pada beberapa publikasi, perangkat lunak sistem Istilah ini juga digunakan untuk menunjuk alat-alat pengembangan perangkat lunak (seperti compiler, linker, atau debugger)
Berbeda dengan perangkat lunak sistem, perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti membuat dokumen teks, bermain game, mendengarkan musik, atau surfing web disebut perangkat lunak aplikasi
Jenis-jenis sistem perangkat lunak yang utama termasuk:
Perangkat lunak pemrograman / aplikasi
Penggunaan Software
Penggunaan Sistem software 

Sejumlah contoh penggunaan sistem perangkat lunak adalah sebagai berikut :
1.    Overlay
Untuk penggantian lengkap dari sebuah proses, lihat Overlay (sistem operasi) .
Dalam arti komputasi umum, overlay berarti "pengganti dari blok instruksi disimpan atau data dengan yang lain. " [1] overlay adalah pemrograman metode yang memungkinkan program untuk menjadi lebih besar dari komputer memori utama . Sebuah sistem yang tertanam biasanya akan menggunakan lapisan karena keterbatasan memori fisik , yang merupakan memori internal untuk sistem-chip pada- dan kurangnya memori virtual fasilitas.
Membangun program overlay melibatkan manual membagi program ke mandiri kode obyek blok yang disebut lapisan tercantum dalam struktur pohon . Sibling segmen, yang pada tingkat kedalaman yang sama, berbagi memori yang sama, disebut overlay daerah atau wilayah tujuan. Seorang manajer overlay, baik bagian dari sistem operasi atau bagian dari program overlay, beban overlay yang diperlukan dari memori eksternal ke wilayah tujuan bila diperlukan. Seringkali linker memberikan dukungan untuk lapisan.
Contoh berikut menunjukkan pernyataan kontrol yang menginstruksikan Editor Linkage OS/360 untuk menghubungkan program overlay, menjorok untuk menunjukkan struktur:
  TERMASUK SYSLIB (Mod1)
  TERMASUK SYSLIB (MOD2)
  Overlay
    TERMASUK SYSLIB (MOD3)
      OVERLAY AA
        TERMASUK SYSLIB (MOD4)
        TERMASUK SYSLIB (MOD5)
      OVERLAY AB
         TERMASUK SYSLIB (MOD6)
  OVERLAY B
     TERMASUK SYSLIB (MOD7)
                        + -------------- +
                        | Segmen Akar |
                        | Mod1, MOD2 |
                        + -------------- +
                                |
                     + ---------- + ---------- +
                     | |
              + ------------- + + ------------- +
              | Overlay A | | Overlay B |
              | MOD3 | | MOD7 |
              + ------------- + + ------------- +
                     |
            + -------- + -------- +
            | |
     + ------------- + + ------------- +
     | Overlay AA | | Overlay AB |
     | MOD4, MOD5 | | MOD6 |

     + ------------- + + ------------- +
Sistem manajemen database

Sebuah Database Management System (DBMS) adalah seperangkat program yang memungkinkan Anda untuk menyimpan, memodifikasi, dan mengekstrak informasi dari database, juga menyediakan pengguna dengan alat untuk menambah, menghapus, mengakses, memodifikasi, dan menganalisis data yang disimpan dalam satu lokasi. Grup A dapat mengakses data dengan menggunakan query dan alat pelaporan yang merupakan bagian dari DBMS atau dengan menggunakan program aplikasi khusus ditulis untuk mengakses data. DBMS ini juga menyediakan metode untuk menjaga integritas data yang tersimpan, berjalan akses keamanan dan pengguna, dan memulihkan informasi jika sistem gagal. Informasi dari database dapat disajikan dalam berbagai format. Kebanyakan DBMSs termasuk program penulis laporan yang memungkinkan Anda untuk output data dalam bentuk laporan. Banyak DBMSs juga termasuk komponen grafis yang memungkinkan Anda untuk output informasi dalam bentuk grafik dan diagram. Database dan sistem manajemen database sangat penting untuk semua bidang bisnis, mereka harus hati-hati dikelola. Ada berbagai jenis DBMSs, mulai dari sistem kecil yang dijalankan pada komputer pribadi ke sistem besar yang berjalan pada mainframe. Berikut ini adalah contoh dari aplikasi database: sistem komputerisasi perpustakaan, sistem reservasi penerbangan, dan komputerisasi sistem persediaan suku cadang. Ini biasanya mendukung bahasa query , yang sebenarnya bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa database khusus yang jauh menyederhanakan menulis program aplikasi database. Bahasa database juga menyederhanakan organisasi database serta mengambil dan menyajikan informasi dari itu. Sebuah DBMS menyediakan fasilitas untuk mengendalikan akses data , menegakkan integritas data , mengelola kontrol konkurensi , dan memulihkan database setelah kegagalan dan mengembalikan dari file cadangan, serta menjaga database keamanan 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cool Blue Outer Glow Pointer